Inilah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap tenaga marketing,penguasaan terhadap product knowledge.
Dengan penguasaan product knowledgeyang baik maka tenaga marketing akan sanggup bicara dan mempromosikan produk dengan lancar dan percaya diri. Oleh karena itu tenaga marketing harus dilatih terus menerus untuk menguasai product knowledge ini.
Product Knowledge tentang Arsitektur
Salah satu product knowledge yang harus dikuasai adalah tentang arsitektur. Dia harus pintar dan lancar mendeskripsikan tema arsitektur yang diusung oleh produk.
Apakah minimalis, moderen, country, gothic, tropis, mediterania, klasik, arsitektur Islam dan lain-lain.
Tidak hanya itu, ia harus cakap menyampaikan keunggulan tema arsitektur yang dipilih. Akan lebih baik lagi jika tenaga marketing menguasai sejarah tentang tema arsitektur untuk dipresentasikan kepada calon konsumen. Tambah keren!
Product Knowledge tentang Pekerjaan Sipil/Konstruksi
Product knowledge selanjutnya yang harus dikuasai adalah tentang konstruksi dan bidang pekerjaan teknik sipil secara umum, seperti struktur yang digunakan, kekuatan struktur, metode pelaksanaan struktur, pondasi yang digunakan dan lain-lain.
Tentu saja ia juga harus mampu menyampaikan keunggulan metode konstruksi yang digunakan.
Product Knowledge tentang Mekanikal dan Elektrikal
Selanjutnya, tenaga marketing juga harus menguasai hal-hal tentang mekanikal dan elektrikal seperti instalasi listrik dan materialnya atau merek yang digunakan.
Product Knowledge tentang Keunggulan Kompetitif
Ujung-ujungnya keterampilan seorang tenaga marketing harus sanggup menyampaikan keunggulan kompetitif produknya.
Inilah yang paling penting dikuasai karena konsumen tentu akan tertarik membeli jika produk Anda ada kelebihan dibanding produk sejenis.
Keunggulan kompetitif terutama tentang lokasi, tema arsitektur, cara bayar, harga, kualitas bangunan dan lain-lain.
Berikut contoh penyampaian keunggulan kompetitif yang bisa anda aplikasikan. Ambil kondisi yang sesuai dengan kondisi riil proyek anda.
Lokasi strategis
Lokasi strategis disampaikan untuk menggambarkan bahwa di sekitar perumahan tersedia fasilitas umum dan fasilitas sosial daerah untuk menunjang beraktifitas sehari-hari, seperti sekolah internasional, sekolah unggulan, pasar modern, pasar tradisional, mal, perkantoran atau pusat pemerintahan.
Sampaikan bahwa jarak dari perumahan ke lokasi-lokasi tersebut sangat dekat.
Seperti, 4 menit ke sekolah internasional, 3 menit ke pasar induk, 6 menit ke Mal Bunga Tanjung, hanya 5 menit ke pintu tol dan lain-lain.
Intinya sampaikan bahwa perumahan Anda sangat dekat ke lokasi-lokasi tersebut. Walaupun kenyataannya memerlukan kondisi khusus supaya situasi yang diklaim bisa terpenuhi.
Contohnya, 4 menit ke sekolah internasional bisa dipenuhi apabila perjalanan dilakukan saat jalanan sepi.
Berada di lokasi yang sedang berkembang
Akan berkembangnya suatu daerah bisa dilihat dalam rencana tata ruang wilayah. Faktor pemicu utamanya adalah pembangunan akses jalan yang memadai, akan dibangunnya daerah industri, akan dibangun bandara atau pelabuhan, dan fasilitas lainnya.
Hal ini harus disampaikan kepada konsumen bahwa sekitar lokasi perumahan Anda akan berkembang sangat pesat di masa yang akan datang.
Akses ke lokasi sangat mudah
Kemudahan akses sangat menentukan minat beli, terutama perumahan yang berada di lokasi pinggir kota yang ceruknya menyasar masyarakat yang beraktifitas di kota.
Selling point yang sangat menentukan adalah berada di dekat pintu tol atau jalan protokol, jalan antar kota, dan lain-lain.
Tema arsitektur sesuai dengan tren desain masa kini
Wajib hukumnya bagi developer menyediakan produk dengan desain yang sesuai dengan tren yang sedang digandrungi.
Misalnya saat ini tren desain didominasi oleh gaya rumah minimalis, maka Anda harus menyediakan perumahan dengan desain minimalis.
Jangan membangun rumah dengan gaya klasik atau mediterania, itu bunuh diri namanya!. Tetapi jangan lupa berikan differentiation sehingga produk Anda berbeda dengan produk sejenis di lokasi yang berdekatan.
Spesifikasi material berkualitas premium
Apapun tema desain yang Anda terapkan, tidak akan menarik jika dibangun dengan material yang tidak berkualitas.
Jika Anda mendesain dengan spesifikasi material yang sangat bagus, maka sebutkan merek material sekalian. Dengan syarat material tersebut betul-betul dikenal sebagai merek kelas atas, seperti penggunaan produk impor merek Roman, Essence, Toto, American Standard dan lain-lain.
Jika menggunakan barang murah yang diimpor dari Cina cukup sampaikan bahwa material yang digunakan adalah material impor.
Anda tidak menipu kan? Karena barang dari Cina kan harus diimpor untuk sampai keIndonesia.
Perumahan dengan konsep cluster
Perumahan dengan konsep cluster (one gate system)—satu gerbang untuk masuk dan keluar—bisa menjadi selling point yang mempengaruhi minat beli konsumen jika dibandingkan dengan perumahan dengan sistem terbuka.
Masyarakat tentu sangat merindukan ketenangan dan kenyamanan apabila berada di rumah.
Di tempat beraktifitas sehari-hari dan dalam perjalanan mungkin saja mereka sudah berada dalam kondisi crowded sehingga mereka betul-betul menginginkan suasana yang mendukung untuk beristirahat ketika di rumah. Dan perumahan dengan sistem cluster merupakan salah satu jawabannya.
Selain itu perumahan dengan sistem cluster masih dianggap sebagai perumahan yang eksklusif.
Kondisi lingkungan yang aman
Sampaikan bahwa di sekitar lokasi perumahan Anda selama ini tidak ada terjadi kejahatan dalam bentuk apapun, sehingga pesan ini ditangkap oleh konsumen bahwa lokasi Anda aman untuk dijadikan tempat tinggal.
Harga kompetitif
Bagaimanapun juga harga produk tetap menjadi salah satu pertimbangan utama konsumen dalam membeli rumah.
Anda harus pintar-pintar dalam menetapkan harga untuk memenangkan persaingan dengankompetitor.
Cara bayar yang mudah
Selain harga, yang menentukan minat beli konsumen terhadap perumahan adalah cara bayar yang kompromistis dengan kondisi konsumen.
Umumnya konsumen lebih senang dengan cara bayar yang mudah dan lunak. Seperti uang muka yang kecil, DP bisa diangsur sekian kali, apabila pembelian dengan cash bertahap akan diberikan lebih banyak potongan harga, atau pembayaran dengan hard cash diberikan harga khusus.
Semuanya dikemas dengan formula yang flexible sehingga bisa mengakomodir bagaimanapun kondisi konsumen.
Legalitasnya lengkap
Kemanan tentang legalitas sangat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli. Legalitas mencakup sertifikasi dan perijinan atau Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).
Kondisi yang sempurna adalah sertifikat sudah pecah per-kaveling, kalau bisa sudah dalam bentuk Sertifikat Hak Milik (SHM), IMB juga sudah per-kaveling.
Jika kondisi ini terpenuhi maka konsumen memahami bahwa legalitas perumahan sudah aman.
Investasi menguntungkan
Sampaikan bahwa kenaikan harga sekitar 10 sampai 20 persen pertahun.
Kenaikan dengan nilai seperti ini mudah untuk dipenuhi oleh produk perumahan. Karena itulah nilai kenaikan rata-rata properti pertahun.
Bahkan untuk kondisi tertentu kenaikan harga properti bisa melebihi angka tersebut.
Apalagi kalau mereka membeli dengan potongan harga atau membeli pada saat launchingyang biasanya dengan harga khusus.
Bertetangga dengan public figure
Jika ada publik figur yang membeli di lokasi perumahan Anda, hal itu akan menjadi keunggulan tersendiri, karena biasanya masyarakat akan senang dan memiliki kebanggaan tersendiri jika bisa bertetangga dengan seseorang yang sudah dikenal masyarakat apalagi dia adalah tipepublic figure yang baik.
Publik figur yang dimaksud di sini bisa bermacam-macam, seperti artis, ustadz yang sering tampil di tivi, atlet yang berprestasi, dokter terkenal di daerah, pejabat daerah, dan lain-lain.
Trik-trik ini tidak baku untuk Anda lakukan, bisa Anda modifikasi dan Anda tambahkan sesuai dengan kondisi lokasi dan kebutuhan.
No comments:
Post a Comment